Peramalan hasil tangkap ikan di PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Kecamatan Pasongsongan menggunakan metode holt-winters exponential smoothing

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Syamsul (2022) Peramalan hasil tangkap ikan di PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Kecamatan Pasongsongan menggunakan metode holt-winters exponential smoothing. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syamsul Ma'arif_H76216048 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara maritim dengan konsumsi ikan yang menjadi kebutuhan pangan. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, konsumsi ikan nasional mencapai 55,95 Kg kapita per tahun. Namun, jumlah hasil tangkap ikan yang tidak menentu menjadi suatu hal yang perlu dipertimbangkan. Sehingga berdampak pada konsumsi ikan nasional. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan adalah dengan melakukan peramalan. Dimana dengan melakukan peramalan akan diketahui hasil prediksi untuk meminimalisir hasil tangkap ikan yang nantinya sedikit di bulan tertentu. Untuk memaksimalkan peramalan, digunakanlah metode peramalan Holt Winters Exponential Smoothing dengan dua model Additif dan Multiplikatif. Agar peramalan menjadi akurat maka digunakan parameter dari kedua model serta dipilih berdasarkan forecast error terkecil. Sehingga model Additif yang digunakan dalam melakukan peramalan. Hasil prediksi selama 6 bulan kedepan berdasarkan 51 data dari PPI Pasongsongan, cenderung mengalami kenaikan pada bulan Juni – September. Dengan rata-rata kenaikan 66% setiap bulannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Syamsulsyamsulmaarif.961@gmail.comH76216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Subjects: Ikan
Ikan > Menangkap Ikan
Keywords: Peramalan; holt winters exponential smoothing; hasil tangkap ikan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Syamsul Ma'arif
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:59
Last Modified: 16 Sep 2022 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55204

Actions (login required)

View Item View Item