Pemberdayaan ekonomi kreatif pemuda karang taruna dalam menciptakan kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan pakaian bekas di Desa Jomblang Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetianingrum, Yunita (2022) Pemberdayaan ekonomi kreatif pemuda karang taruna dalam menciptakan kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan pakaian bekas di Desa Jomblang Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunita Prasetianingrum_B72218092 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencipatakan kemandirian pemuda karang taruna Bina Mandiri di Desa Jomblang Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan dengan konsep ekonomi kreatif yang berfokus pada pemanfaatan aset berupa pemuda dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka melalui pengelolaan barang bekas untuk diubah menjadi barang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Pendampingan ini mengajak para pemuda untuk mengembangkan potensinya terutama dalam bidang kreativitas dengan memanfaatkan pakaian bekas untuk diolah kembali menjadi barang baru yang memiliki nilai guna, estetis, maupun ekonomis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemuda karang taruna mulai paham akan pentingnya menemukenali aset dan potensi yang dimiliki, serta dari program yang dilaksanakan selama proses pendampingan yaitu pelatihan pembuatan kerajinan vas bunga dari sampah pakaian bekas dan pendampingan kewirausahaan dapat diketahui hasilnya, yaitu berupa perubahan mindset atau pola pikir kreatif dalam memandang sampah pakaian bekas dapat dimanfaatkan kembali melalui ketrampilan dan kreativitas yang dimiliki untuk digunakan kembali dan memiliki nilai jual, sehingga mampu menciptakan kemandirian ekonomi dan peningkatan kualitas hidup mereka kearah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetianingrum, Yunitayunitasettya46@gmail.comB72218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Daur Ulang
Keterampilan
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi kreatif; pemuda; pemanfaatan pakaian bekas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yunita Prasetianingrum
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:16
Last Modified: 16 Sep 2022 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55247

Actions (login required)

View Item View Item