Penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dalam pembelajaran tatap muka terbatas di KB Ihyaul Ulum Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfia, Eva Muhimmatul (2022) Penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dalam pembelajaran tatap muka terbatas di KB Ihyaul Ulum Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Muhimmatul Luthfiah_D99217060 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dalam pembelajaran tatap muka terbatas di KB Ihyaul Ulum. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan penyebab yang terjadi dalam penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 pada pembelajaran tatap muka di KB Ihyaul Ulum Kedamean Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitaif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik anaslisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian dari implementasi penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dalam pembelajaran pada pembelajaran tatap muka terbatas di KB Ihyaul Ulum yaitu guru sudah bekerja sama dengan orangtua siswa dan puskesmas terdekat sebagai bentuk izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah, guru juga sudah menyiapkan fasilitas protokol kesehatan Covid-19 seperti tempat cuci tangan, handsanitizer, masker, faceshild, dan lain sebagainya. Dalam proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mengatur jarak tempat duduk siswa, memberikan contoh pembiasaan memakai masker, selalu mencuci tangan sebelum masuk kelas dan setelah kegiatan berlangsung. Kendala yang terjadi dari penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di KB Ihyaul Ulum yaitu ada beberapa siswa yang belum terbiasa memakai masker selama kegiatan bermain dan belajar berlangsung, kemungkinan besar factor penyebabnya karena letak sekolah yang berada di lingkungan pedesaan dan factor dari lingkungan keluarga yang kurang membiasakan anak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di luar rumah. Kendala lain yang terjadi yaitu siswa belum bisa melaksanakan social distancing karena anak-anak lebih suka bermain secara bersama-sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfia, Eva Muhimmatulluthfiaeva27@gmail.comD99217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Disiplin anak; protokol kesehatan Covid-19 di Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: eva muhimmatul luthfiah
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:22
Last Modified: 20 Sep 2022 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55258

Actions (login required)

View Item View Item