Pemberdayaan masyarakat melalui pertanian berbasis ruang di Desa Sumberkembar Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Afifa Laili (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pertanian berbasis ruang di Desa Sumberkembar Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifa Laili Maghfiroh_B92218097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Sumberkembar memiliki sumber daya alam melimpah yang menjadi aset bagi masyarakat. Selain sumber daya alamnya, masyarakat memiliki aset berupa lahan pekarangan yang cukup luas namun belum dioptimalkan dengan baik. Jika pekarangan dapat dioptimalkan dengan dijadikan objek pertanian akan membawa dampak baik untuk masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti membantu masyarakat dalam melakukan perubahan melalui pemanfaatan lahan pekarangan. Penelitian ini menggunakan paradigma pemberdayaan masyarakat Islam dengan fokus pendampingan Asset Based Community Development dengan tahapan 5D yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Program yang dibangun oleh peneliti dan masyarakat adalah program pertanian berbasis ruang. Adanya program tersebut dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Setelah adanya program tersebut masyarakat mulai memahami aset yang dimiliki serta dapat memanfaatkan lahan pekarangan dengan baik dibandingkan sebelum adanya pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Afifa Lailimaghfirohafifa@gmail.comB92218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; masyarakat; pertanian berbasis ruang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afifa Laili Maghfiroh Maghfiroh
Date Deposited: 04 Dec 2022 12:09
Last Modified: 04 Dec 2022 12:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55259

Actions (login required)

View Item View Item