Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Model STAD terintegrasi nilai keislaman untuk membentuk sikap spiritual dan sosial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Khofifah Indah (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Model STAD terintegrasi nilai keislaman untuk membentuk sikap spiritual dan sosial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Indah Oktaviani_D74217049 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu usaha yang dilakukan oleh sekolah untuk membentuk sikap spiritual dan sikap sosial siswa adalah mengintegrasikan nilai keislaman pada pembelajaran matematika. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang digunakan untuk membentuk sikap spiritual dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, teknik validasi untuk data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat. Selanjutnya, teknik angket untuk data respon siswa, penilaian diri dan penilaian antar siswa. Kemudian, teknik observasi untuk data keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Data yang diperoleh selama penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan analisis data catatan lapangan, analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, analisis data keterlaksanaan sintaks dan analisis data sikap spiritual dan sosial siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Proses pengembangan perangkat pembelajaran model STAD terintegrasi nilai keislaman melalui 5 tahapan, yaitu pada tahap Analysis (analisis) diperoleh data kurikulum dan KD yang digunakan, kebutuhan belajar siswa, sikap yang dimiliki siswa dan materi yang digunakan. Selanjutnya, tahap Design (perancangan), diperoleh rancangan perangkat pembelajaran dan pada tahap Development (pengembangan), diperoleh perangkat pembelajaran yang telah divalidasi. Kemudian, tahap Implementation (penerapan) dilakukan uji coba perangkat pembelajaran dan pada Evaluation (evaluasi), diperoleh data penilaian keterlaksanaan sintaks, respon siswa, penilaian diri dan penilaian antar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat valid” dengan rata-rata total validitas pada RPP sebesar 3,6 dan LKPD sebesar 3,5. Selanjutnya, Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan “praktis” oleh ketiga validator dengan masing-masing validator memberikan nilai B pada perangkat pembelajaran. Kemudian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikatakan “efektif”, karena keterlaksanaan sintaks pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 90% dan persentase pada pertemuan kedua sebesar 95%, selain itu respon siswa mendapat kategori “positif” dengan memperoleh nilai persentase sebesar 72,81%. Sikap spiritual dan sosial siswa kelas VII-A SMP Shalahuddin Malang cenderung “sangat baik”, dengan memperoleh nilai rata-rata total persentase sebesar 86,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Khofifah Indahkhofifahoktaviani20@gmail.comD74217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model STAD; integrasi nilai keislaman; sikap spiritual; sikap sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khofifah Indah Oktaviani
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:39
Last Modified: 16 Sep 2022 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55280

Actions (login required)

View Item View Item