Sejarah dan perkembangan kesenian Hadrah Miftahul Jannah di Desa Parsanga Kecamatan Sumenep Kabupaten Sumenep Tahun 1997-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufliha, Desi Illa (2022) Sejarah dan perkembangan kesenian Hadrah Miftahul Jannah di Desa Parsanga Kecamatan Sumenep Kabupaten Sumenep Tahun 1997-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Illa Mufliha_ A92218097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologis dan pendekatan historis. Pendekatan antropologis digunakan untuk menjelaskan secara terperinci mengenai kesenian hadrah yang merupakan bagian dari salah satu unsur kebudayaan. Pendekatan historis dapat melacak, dimana, kapan, siapa dan bagaimana peristiwa itu dapat terjadi. Adapun teori yang digunakan yakni teori continuity and change. Teori tersebut diharapkan dapat menjelaskan perubahan yang terjadi pada perkumpulan kesenian hadrah Miftahul Jannah. Selanjutnya metode yang digunakan yakni metode sejarah yang terdiri dari heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Desa Parsanga merupakan salah satu desa yang ada di kabupaten Sumenep yang memiliki penduduk berjumlah 4.057 dengan rata-rata beragama Islam dan bermata pencaharian sebagai petani. 2) Kesenian hadrah Miftahul Jannah berdiri pada tahun 1997 atas inisiatif dari bapakTosa yang melihat pada masa itu Desa Parsanga hanya memiliki kompolan laju(perkumpulan lama). Kesenian hadrah Miftahul Jannah memiliki peralatan yang lengkap yang terdiri dari rebana, seragam, piano, tombuk, kasur, macan, sound system dan mic. 3) Pada masa rintisan kesenian hadrah Miftahul Jannah memulai dengan sedikit bantuan dari kepala Desa Parsanga. Semakin berkembang yakni anggotanya semakin banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufliha, Desi Illadesiillamufliha@gma il.comA92218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com196808062000031003
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Desa Parsanga; Kesenian Hadrah Miftahul Jannah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Desi Illa Mufliha
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:54
Last Modified: 13 Dec 2022 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55293

Actions (login required)

View Item View Item