Perancangan revitalisasi bekas Pabrik Gula Tulangan di Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan Adaptive Re-use

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulinnuha, Muhammad (2022) Perancangan revitalisasi bekas Pabrik Gula Tulangan di Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan Adaptive Re-use. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ulinnuha_H03218015 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Saat ini pabrik gula di Jawa menghadapi permasalahan yang kompleks. Dinamika perubahan sosial, ekonomi, politik dan lingkungan menjadi isu pokok penyebab semakin berkurangnya jumlah pabrik gula dan penurunan produksi gula di Jawa. Dari ratusan pabrik gula yang pernah ada, tinggal 45 pabrik yang masih beroperasi. Sebagian besar dari populasi pabrik gula telah berhenti produksi dan menjadi kawasan yang tidak terawat (abandoned). Dikarenakan banyaknya pabrik gula yang kosong tanpa aktivitas, maka terjadi pada perubahan pada sebagian pabrik gula menjadi area wisata heritage. Seperti halnya di Sidoarjo, yang sebelumnya memiliki 4 pabrik gula aktif dan kini hanya tersisa 2 yang beroperasi. Salah satu pabrik gula yang sudah tidak beroperasi yaitu Pabrik Gula (PG) Tulangan. Pabrik Gula ini sempat menjadi topik/rencana untuk dijadikan area wisata heritage oleh investor, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Perancangan bekas pabrik gula ini termasuk dalam revitalisasi dengan menumbuhkan kembali nilai-nilai penting dengan penyesuaian dengan fungsi ruang baru yang tidak bertentangan dengan nilai budaya masyarakat. Pendekatan Adaptive Re-Use dilakukan sebagai alternatif untuk melindungi dan menjaga bangunan bersejarah dengan langkah mengalihkan fungsi lama menjadi fungsi baru yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun kawasan itu sendiri. Konsep ini tidak sekedar mengembalikan tampilan fisik arsitektur semata melainkan berusaha menghormati dan menghargai nilai sejarah yang tersirat di dalamnya, langgam arsitekturnya dengan mengalihkan fungsi baru yang lebih tepat dan bermanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulinnuha, Muhammadmulinnuhaaa@gmail.comH03218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, RitaRita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorPrianto, KusnulKusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pabrik Gula; Sidoarjo; revitalisasi; adaptive re-use
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Muhammad Ulinnuha
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:12
Last Modified: 13 Sep 2022 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55313

Actions (login required)

View Item View Item