Upaya organisasi IPNU IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa studi pada organisasi IPNU IPPNU Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Ainia, Ulfiati (2022) Upaya organisasi IPNU IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa studi pada organisasi IPNU IPPNU Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfiati 'Ainia_I73217078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua, yaitu: (1) Bagaimana upaya organisasi IPNU dan IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Kecamatan Sawahan? (2) Bagaimana bentuk kegiatan organisasi IPNU dan IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Kecamatan Sawahan?. Sedangkan tujuan dari penelitian yaitu Untuk mengetahui upaya organisasi IPNU dan IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan Untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi IPNU dan IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Metode penelitian yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang peneliti gunakan untuk menganalisis adalah teori Gerakan Sosial Baru dari Pichardo. Dari hasil penelitian di lapangan dapat ditemukan bahwa (1) Upaya IPNU IPPNU dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yakni dengan membentuk karakter pelajar yang agamis, keterpelajaran, dan berjiwa sosial serta menyediakan fasilitas dan fasilitator terbaik untuk pimpinan ranting dibawah maupun untuk pelajar setempat. (2) Bentuk kegiatan yang dilakukan IPNU IPPNU Kecamatan Sawahan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yakni berawal dari dari mendata dan melakukan koordinasi dengan masjid atau musholla yang ada di Kecamatan Sawahan, tidak lupa juga berkoordinasi dengan pimpinan ranting di bawahnya. Kemudian barulah seluruh bentuk kegiatan yang telah direncanakan mulai digencarkan, kegiatan tersebut antara lain meliputi kajian, diskusi, pelatihan dan aksi sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Ainia, Ulfiatififie.ainia@gmail.comI73217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Sumber Daya Manusia
Nahdlatul Ulama
Keywords: IPNU IPPNU; mencerdaskan kehidupan Bangsa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ulfiati 'Ainia
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:51
Last Modified: 15 Dec 2023 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55328

Actions (login required)

View Item View Item