Pengaruh dewan komisaris, Risk Management Committee, dan Reputasi Auditor terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management dengan Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Yosinta (2022) Pengaruh dewan komisaris, Risk Management Committee, dan Reputasi Auditor terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management dengan Komite Audit Sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yosinta Damayanti_G93218104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif melalui pendekatan analisis data sekunder. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan perbankan di Indonesia dengan tahun observasi 2018 hingga tahun 2020 sehingga jumlah populasi ialah sebanyak 109 perusahaan perbankan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling berupa purposive sampling dengan kriteria sampel yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018 hingga tahun 2020 yakni sebanyak 43 perusahaan perbankan sehingga diperoleh jumlah observasi sebanyak 129 observasi. Sumber data penelitian didapatkan dari laporan tahunan seluruh perusahaan perbankan yang menjadi sampel penelitian. Sedangkan pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu software IBM SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dewan Komisaris tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management. Sedangkan Risk Management Committee dan Reputasi Auditor berpengaruh positif terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management. Terkait dengan peran moderasi oleh Komite Audit menunjukkan bahwa Komite Audit tidak memperkuat pengaruh Dewan Komisaris terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management. Namun, Komite Audit dapat memperkuat pengaruh Risk Management Committee dan Reputasi Auditor terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management. Adapun jenis variabel moderasi dari hasil penelitian termasuk dalam jenis moderasi potensial (homologizer) dan moderasi murni (pure moderator) yang keduanya dapat diidentifikasi sebagai variabel moderasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Yosintayosinta.damayanti07@gmail.comG93218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bank dan Perbankan
Manajemen
Keywords: Risk Management Committee; Enterprise Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Yosinta Damayanti
Date Deposited: 12 Apr 2023 22:28
Last Modified: 12 Apr 2023 22:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55332

Actions (login required)

View Item View Item