Pesantren dan Politik Elektoral: studi kasus peran Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan dalam pemenangan Calon Kepala Desa Banyuurip tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhollaqi, Maf'alul (2022) Pesantren dan Politik Elektoral: studi kasus peran Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan dalam pemenangan Calon Kepala Desa Banyuurip tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maf'alul Mukhollaqi_I01218019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pesantren dan politik elektoral di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan (PPMI) Banyuurip Ujungpangkah Gresik. Tentang Bagaimana Peran Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan dalam Pemenangan Calon Kepala Desa Banyuurip Tahun 2019. Yang dalam hal ini adalah sosok kandidat Ihsanul Haris, S.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dimana PPMI selalu terlibat aktif didalam memberikan arah dukungan kepada kandidat disetiap jenjang pemilihan mulai dari Pilkades hingga Pilpres. Uniknya setiap kandidat yang didukung pasti akan memperoleh kemenangan dilingkup Desa Banyuurip. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Serta reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data dipilih sebagai teknik untuk menganalisis data. Penelitian ini menggunakan gabungan tiga teori yang bisa dilihat didalam kerangka konsep. Yakni teori perilaku politik dan strategi politik Peter Schorder. Dua teori tersebut akan menjadi kunci dari penelitian ini karena memiliki kaitan erat dalam rangka untuk membaca peranan, tindakan, dan motif PPMI dalam pemenangan Ihsanul Haris, S.Pd.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhollaqi, Maf'alulmukhollaqi.mafalul51@gmail.comI01218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahar, Moh. Syaefulbosbahar@yahoo.com2015037801
Subjects: Politik
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren; Politik Elektoral; Pilkades; dan Mamba’ul Ihsan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Maf'alul Mukhollaqi
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:30
Last Modified: 12 Apr 2023 12:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55334

Actions (login required)

View Item View Item