Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model mastery learning dengan tutor sebaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardianti, Septi Tri (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model mastery learning dengan tutor sebaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septi Tri Hardianti_D74215107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model mastery learning merupakan model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik mampu menuntaskan pembelajaran secara individual yang diberikan oleh guru secara menyeluruh dengan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Langkah-langkah model pembelajaran mastery learning yaitu: 1.) orientasi 2.) penyajian 3.) latihan terstruktur 4.) latihan terbimbing 5.) latihan mandiri, sedangkan tutor sebaya adalah pembelajaran dimana seseorang atau sekelompok siswa yang lebih pandai membantu dan mengajari teman lainnya yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan, serta mengukur kevalidan dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model mastery learning dengan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan di SMP Pancasila Krian, Sidoarjo. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, fase yang pertama yaitu fase investigasi awal (preliminary research) diperoleh data bahwa guru mata pelajaran matematika di SMP Pancasila masih menggunakan pembelajaran langsung atau ceramah. Selanjutnya dilakukan fase yang kedua yaitu fase pembuatan prototipe (prototyping phase) yang berupa Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model mastery learning dengan tutor sebaya pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Fase yang ketiga yaitu fase penilaian (assessment phase) pada langkah ini peneliti melakukan validasi perangkat pembelajaran yang akan di validasi oleh validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Perangkat dan instrumen penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika model mastery learning dengan tutor sebaya telah memenuhi kriteria valid. Data kevalidan perangkat diperoleh total kevalidan RPP sebesar 4,41 dan kevalidan LKPD sebesar 4,64. Selanjutnya untuk data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardianti, Septi Triseptitrih@gmail.comD74215107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: pengembangan; mastery learning; tutor sebaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Septi Hardianti
Date Deposited: 12 Apr 2023 21:10
Last Modified: 12 Apr 2023 21:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55353

Actions (login required)

View Item View Item