Makna Haul Mbah Kyai Gede Bagi Remaja Di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik: ditinjau dari Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Asy’ari, Anwar Hidayat (2022) Makna Haul Mbah Kyai Gede Bagi Remaja Di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik: ditinjau dari Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anwar Hidayat Al Asy'ari_I03218005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah pelaksanaan kegiatan ritual keagamaan untuk memperingati wafatnya seorang yang membuka desa dan menyebarkan agama Islam di desa Bungah yakni mbah Kyai Gede. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi remaja saat haul dan bagaimana makna haul mbah Kyai Gede bagi remaja di desa Bungah kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode ini dipilih peneliti guna memperoleh penelitian yang menyeluruh dan mendalam mengenai Makna Haul Mbah Kyai Gede Bagi Remaja Desa Bungah. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann guna menganalisis fenomena yang terjadi. Dari hasil penelitian yang diperoleh dilapangan ditemukan bahwa: (1) Makna haul Mbah Kyai Gede bagi remaja desa Bungah adalah sebagai kegiatan yang memberikan nilai-nilai positif yang bisa dilakukan dengan beramal saleh melalui silaturrahmi, membaca doa, membaca ayat-ayat Al-Qur’an, melantunkan sholawat, berdzikir serta bersedekah. Makna haul mbah Kyai Gede bagi remaja desa Bungah sebagai kegiatan sosial keagamaan yang menghubungkan generasi tua dan generasi penerus yakni regenerasi. Dalam segi kelompok menumbuhkan rasa solidaritas. Untuk individu memberikan kesadaran religius. (2) Proses dialektika remaja desa Bungah yang terjadi pada saat haul mbah Kyai Gede. Eksternalisasi individu yakni remaja akan mengekspresikan dirinya sebelum mengikuti haul mbah Kyai Gede. Objektivasi remaja berpartisipasi mulai dari menjadi panitia sampai mengikuti rentetan acara haul. Internalisasi para remaja akan mengambil suatu hal yang penting setelah mengikuti haul untuk memberikan makna haul mbah Kyai Gede.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Asy’ari, Anwar Hidayataanmbut128@gmail.comI03218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Remaja
Keywords: Makna; Haul dan Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Anwar Hidayat Al Asy'ari
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:25
Last Modified: 13 Dec 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55392

Actions (login required)

View Item View Item