Representasi metode dakwah dalam film pendek berjudul positif di chanel youtube The Bramantyo : analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islam, Mohammad Izzul (2022) Representasi metode dakwah dalam film pendek berjudul positif di chanel youtube The Bramantyo : analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Izzul Islam_B91218117.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah tentang representasi metode dakwah yang terkandung dalam film pendek berjudul Poistif. Untuk mengetahuinya terdapat fokus masalah, yakni : Bagaimana representasi metode dakwah dalam film pendek Positif?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data. Peneliti melakukan observasi dengan mengamati film pendek “Positif” di chanel Youtube The Bramantyo berulangkali. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa metode dakwah bil hal dan bil lisan yang tertuang dalam film pendek “Positif” ini dirasa menjadi langkah yang lebih efisien dibanding metode dakwah lain karena dapat masuk ke aspek kehidupan secara nyata. Dalam penelitian ini terkandung tiga metode dakwah yang direpresentasikan dalam scene-scene adegan film pendek berjudul Positif, yakni : Metode dakwah bil lisan, Metode dakwah bil qalam, dan Metode dakwah bil hal. Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan agar bisa lebih mengembangkan penelitian ini dari sisi lain, seperti dikaji menggunakan analisis lain atau metode penelitian kuantitatif. Seperti pengaruh metode dakwah oleh tokoh Tegar dalam film pendek Positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islam, Mohammad Izzulzulmaid4@gmail.comB91218117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Representasi; metode dakwah; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Izzul Islam
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:53
Last Modified: 12 Apr 2023 12:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55415

Actions (login required)

View Item View Item