Komunikasi interpersonal shadow teacher dalam membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falihah, Qoni'atul (2022) Komunikasi interpersonal shadow teacher dalam membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qoni'atul Falihah_B75217135.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengangkat peran shadow teacher dalam pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. Rumusan yang dipilih dalam penelitian ini mengenai proses dan pola dalam komunikasi interpersonal shadow teacher dalam membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus. Tujuan dalam penelitian ini adalah memahami dan mendeskripsikan proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh shadow teacher di Sekolah Kreatif Sekolah Dasar Muhammadiyah 20 Surabaya, serta menjelaskan pola yang digunakan dalam membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian dideskripsikan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan untuk dasar kerangka, berfikir penelitian ini menggunakan teori manajemen makna terkoordinasi untuk menggambarkan proses yang terjadi di lapangan dalam perspektif teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal shadow teacher (1) menggunakan pesan verbal dan non-verbal yang diberikan berulang hingga diterima oleh anak berkebutuhan khusus. (2) Pola komunikasi dalam membangun kepercayaan diri anak berkebutuhan yang ada di kelas reguler berjalan linear dengan memaksimalkan pesan persuasif, sedangkan di kelas terapi komunikasi berpola primer dengan memaksimalkan pemberian apresiasi atau reward.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falihah, Qoni'atulqonixmm2@gmail.comB75217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Komunikasi
Anak > Anak Penyandang Cacat
Self confidence
Keywords: Komunikasi interpersonal; Shadow Teacher; Kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Qoni'atul Falihah
Date Deposited: 12 Apr 2023 19:54
Last Modified: 12 Apr 2023 19:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55416

Actions (login required)

View Item View Item