Membangun ketahanan ekonomi kelompok perempuan melalui pengembangan usaha ekonomi kreatif di Dusun Sidomansek Watestanjung Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiastutik, Latifah (2022) Membangun ketahanan ekonomi kelompok perempuan melalui pengembangan usaha ekonomi kreatif di Dusun Sidomansek Watestanjung Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifah Widiastutik_B02218014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi dalam membangun ketahanan ekonomi kelompok perempuan. Hasil dalam membangun ketahanan ekonomi kelompok perempuan. Serta hubungan antara membangun ketahanan ekonomi kelompok perempuan dengan dakwah. Metode yang digunakan yakni pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dengan melakukan tahapan 5-D (Discovery, Dream, Design, Define, Destiny) untuk mencapai tujuan yang di inginkan.Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yakni memanfaatkan potensi SDA berupa tanaman kelor, SDM berupa komunitas PKK sebagai kelompok perempuan serta berbagai skill, kisah sukses yang dimiliki, aset sosial dengan memanfaatkan kegiatan jamiyah istighosah yang merupakan bagian dari PKK sebagai sarana dalam melakukan FGD, serta aset jaringan dengan BUMDes Desa Watestanjung. Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni mendapatkan keuntungan sebesar Rp.400.000 per bulan. Bahwa komunitas memperoleh penjualan dan banyaknya pendapatan diperoleh dari kestabilan pemasaran yang dilakukan untuk menghasilkan ketahanan ekonomi bagi kelompok perempuan. hal tersebut sebagai bentuk ibadah karena wujud dari dakwah bil hal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiastutik, Latifahlatifahw2@gmail.comB02218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pendampingan Komunitas PKK; Ketahanan Ekonomi; Pengelolaan Tanaman Kelor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Latifah Widiastutik
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:18
Last Modified: 12 Apr 2023 12:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55421

Actions (login required)

View Item View Item