Bimbingan dan konseling Islam dengan video terapi untuk mengelola emosi negatif pada istri di Desa Sukosari Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Wiwit Khofifah Khoirun (2022) Bimbingan dan konseling Islam dengan video terapi untuk mengelola emosi negatif pada istri di Desa Sukosari Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwit Khofifah Khoirun Nikmah_B73218117 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Emosi negatif yang ada pada konseli dipengaruhi oleh musibah kematian suami konseli. Alasan lain juga dipengaruhi oleh rengganya hubungan antara konseli dengan anaknya dan konseli memiliki harapan yang belum tercapai. Tiga hal tersebut menyebabkan beberapa dampak negatif yang mempengaruhi kehidupan konseli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan analisis data deskriptif komparatif. Peneliti mencari data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini berlokasi di desa Sukosari kecamatan Mantup kabupaten Lamongan. Jenis dan sumber data yang diambil berasal dari data primer dan sekunder.Hasil bimbingan dan konseling Islam dengan video terapi untuk mengelola emosi negatif pada istri, dibuktikan dengan beberapa perubahan sikap konseli sebelum dan sesudah melakukan proses konseling. Dampak yang konseli setelah menerima intervensi ialah konseli sudah tidak mudah menangis lagi ketika ada yang membicarakan tentang almarhum suami. Ketika akan bersedih konseli mengalihkan perhatiannya pada aktivitas lain. Konseli sekarang menjadi lebih bersemangat menjalani hidup. hal tersebut karena sekarang konseli berusaha menerima keadaan dengan dada yang lapang. Konseli menjadi pribadi yang mudah bersyukur dan tidak menyalahkan dirinya lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Wiwit Khofifah Khoirunwiwitkhofifah123@gmail.comB73218117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; emosi negatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wiwit khofifah khoirun Nikmah
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:07
Last Modified: 19 Sep 2022 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55426

Actions (login required)

View Item View Item