Analisis hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap praktik jual beli online Kosmetik Bekas Pakai di akun Prelovedmakeupid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Ivana Yeni (2022) Analisis hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap praktik jual beli online Kosmetik Bekas Pakai di akun Prelovedmakeupid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivana Yeni Trisnawati_C72218072 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Terhadap Praktik Jual beli online kosmetik bekas pakai di akun Prelovedmakeupid adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana praktik jual beli online kosmetik bekas pakai di akun prelovedmakeuid? dan 2) Bagaimana analisis Hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap jual beli online kosmetik bekas pakai di akun Prelovedmakeupid? Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dan data penelitian dihimpun melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian data yang didapat dianalisis berdasarkan terori jual beli dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999, sehingga dapat ditemukan pemecahan persoalan dari rumusan masalah yang ditentukan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam praktek jual beli online kosmetik bekas pakai di akun Prelovedmakeupid pemilik usaha atau owner dari Prelovedmakeupid memposting barang yang akan dijualnya dengan memberikan informasi yang kurang jelas pada produk yang akan dijualnya. yakni pemilik usaha hanya dengan perkiraan tersisa berapa persen dari sisa pakai sebelumnya dan hanya mengingat berapa kali produk tersebut digunakan. Dalam analisis hukum Islam tidak diperbolehkan karena tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli. Selain itu, dalam jual beli online kosmetik bekas pakai di akun Prelovedmakeupid belum sesuai dengan Undang-undang Nomer 8 Tahun 1999 karena meniadakan informasi yang kurang jelas. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, maka pihak pemilik usaha pada akun Prelovedmakeupid harus memberikan informasi secara jelas dan jujur terkait produk bekas pakai yang akan dijualnya. Dan untuk pembeli seharusnya lebih teliti dan kritis dalam memilih atau membeli produk yang akan dibelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, Ivana YeniIvanaayenii@gmail.comC72218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muh.msholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Hukum Ekonomi
Keywords: Jual beli online; kosmetik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ivana Yeni
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:49
Last Modified: 19 Sep 2022 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55428

Actions (login required)

View Item View Item