Pendampingan masyarakat dalam memanfaatkan Cong-Cong untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat melalui Kelompok Tahlil Dusun Taman Desa Poteran Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfirah, Rika Luluk (2022) Pendampingan masyarakat dalam memanfaatkan Cong-Cong untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat melalui Kelompok Tahlil Dusun Taman Desa Poteran Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Luluk Maghfirah_B02218023 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan masyarakat melalui anggota kelompok tahlil Dusun Taman, dengan fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana kondisi asset yang ada di Dusun Taman? dan Bagaimana strategi yang dilakukan anggota tahlil masjid Nur Muhammad upaya mengembangkan aset yang ada di Dusun Taman? Penelitian ini menggunakan Metode ABCD (Asset Based Community Development), metode berbasis aset. Prinsip-prinsip, strategi, tahapan dan teknik dalam penelitian pendampingan ini semua merujuk pada metode ABCD. Hasil pendampingan pemanfaatan cong-cong menunjukan bahwa terdapat perubahan baik dari kesadaran anggota tahlil dalam mengembangkan aset yang ada, guna menciptakan kemandirian para anggota tahlil yang terdiri dari penduduk tetap. Proses pendampingan pemanfaatan cong-cong juga menumbuhkan ide-ide kreatif bagi masyarakat dalam pengolahan juga pengemasan sehingga membuat cong-cong banyak diminati masyarakat sehingga masyarakat dapat melanjutkan kreativitasnya dalam memanfaatkan aset supaya aset terlestarikan secara terus menerus. Sedangkan dalam pandangan relevansi dakwah, dalam proses pendampingan yang dilakukan oleh anggota tahlil memperoleh ilmu pengetahuan, peningkatan keterampilan dan skill sebagai modal untuk berusaha mandiri dalam melangsungkan kehidupan di dunia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfirah, Rika Lulukrikalulukmaghfirah@gmail.comB02218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id1978041922008013
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Sumber Daya Manusia
Keywords: Inovasi; masyarakat mandiri; ekonomi kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rika Maghfirah
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:40
Last Modified: 21 Sep 2022 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55441

Actions (login required)

View Item View Item