Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan masalah terbuka untuk melatih kemampuan penalaran kombinatorial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisaro, Siti (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan masalah terbuka untuk melatih kemampuan penalaran kombinatorial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maisaro_D74215071 ok.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan penalaran penting dimiliki karena seseorang akan dapat mengambil kesimpulan atau keputusan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan masalah terbuka adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan untuk melatih kemampuan penalaran kombinatorial siswa. Perangkat dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba perangkat dilakukan pada 24 siswa kelas XII IPA SMA Raden Fatah Driyorejo Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik observasi, teknik angket dan tes kemampuan penalaran kombinatorial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan RPP dan LKPD dinyatakan valid. Data kepraktisan RPP maupun LKPD dinilai A dan B dengan tanpa revisi dan dengan sedikit revisi oleh validator sehingga perangkat pembelajaran tergolong praktis. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat dikatakan efektif karena aktivitas siswa aktif selama mengikuti pembelajaran telah memenuhi kriteria “efektif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran oleh guru dinyatakan sangat baik dengan rata-rata sebesar 3,9, dan respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata sebesar 82,4% , hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan memperoleh rata-rata 7,9%, serta menunjukkan hasil kemampuan penalaran kombinatorial siswa setelah pembelajaran sebesar 20,83% untuk kategori tinggi, 79,17% untuk kategori sedang dan 0% untuk kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisaro, Sitisitimaisaro2903@gmail.comD74215071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id198111182009121003
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id197306052007012048
Subjects: Matematika
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; masalah terbuka; kemampuan penalaran kombinatorial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Maisaro
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:58
Last Modified: 19 Sep 2022 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55446

Actions (login required)

View Item View Item