Analisi berpikir refraktif dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari kemampuam awal siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Laily Nur (2022) Analisi berpikir refraktif dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari kemampuam awal siswa. Undergraduate thesis, UIN SUnan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Nur Cholifah_D74215094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir refraktif merupakan kemampuan berpikir dimana seseorang mengambil salah satu alternatif jawaban diantara semua alternatif jawaban yang pernah dipelajari. Untuk bisa melakukan berpikir refraktif ini, maka peserta didik harus mampu untuk melakukan berpikir reflektif dan berpikir kritis. Dalam suatu kelas, ada peserta didik yang mampu memecahkan masalah dengan runtut mengikuti cara yang diajarkan oleh pendidik, dan ada juga yang mampu memecahkan masalah menggunakan cara yang dipahami oleh peserta didik itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir refraktif yang dimiliki oleh peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari kemampuan awal yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 dari 28 peserta didik kelas IX-F yang terdiri dari 2 subjek dengan kemampuan awal tinggi, 2 subjek dengan kemampuan awal sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan awal rendah. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah matematika bagi peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi ada indikator berpikir refraktif yang tidak terpenuhi yaitu indicator untuk menghubungkan informasi dengan pengetahuan yang didapat sebelumnya dan menyimpulkan informasi ke dalam suatu simbol atau bentuk matematika. Untuk peserta didik yang memiliki kemampuan awal sedang juga memiliki indikator yang belum terpenuhi yaitu indikator untuk mengubungkan informasi dengan pengetahuan yang didapat sebelumnya, indikator untuk menyimpulkan informasi ke dalam suatu simbol atau bentuk matematika dan menentukan jawaban yang tepat berdasarkan masalah yang sedang dihadapi. Sedangkan untuk peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah indikator berpikir refraktif yang belum terpenuhi yaitu indicator untuk menghubungkan informasi dengan pengetahuan yang didapatkan sebelumnya, mampu untuk menyimpulkan informasi ke dalam simbol atau bentuk matematika, mampu untuk menjelaskan langkah pemecahan masalah yang pernah dilakukan dalam menghadapi masalah yang serupa, mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah dan mampu untuk menentukan jawaban yang tepat dari masalah yang sedang dihadapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, Laily Nurkhalifahlily@gmail.comD74215094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir Refraktif; Pemecahan Masalah Matematika; Kemampuan Awal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Laily Nur Cholifah
Date Deposited: 12 Apr 2023 12:07
Last Modified: 12 Apr 2023 12:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55448

Actions (login required)

View Item View Item