Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android Smart Apps Creator pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Bella Halimatus (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android Smart Apps Creator pada mata pelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Halimatus Z_D71218062.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bella Halimatus Zahroh_D71218062 OK.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini juga menjelaskan permasalan terkait dengan (1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android Smart Apps Creator pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 13 Surabaya, (2) respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android Smart Apps Creator pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 13 Surabaya, dan menjelaskan tentang (3) hasil belajar peserta didik pengguna media pembelajaran interaktif berbasis android Smart Apps Creator pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 13 Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (RND) dengan model penelitian ADDIE. Dimana model pengembangan ini dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah, yaitu (a) Analysis (Analisis), (b) Design (Desain), (C) Development (Pengembangan), (d) Implementation (Penerapan), dan (e) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini menggunakan 32 sampel peserta didik kelas 7J di SMPN 13 Surabaya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran aplikasi Android Smart Apps Creator ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa langkah yaitu Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Media pembelajaran ini telah di uji cobakan pada siswa SMPN 13 Surabaya. (2) Respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Android Smart Apps Creator adalah sangat baik. Dari 32 peserta didik kelas VII J SMPN 13 Surabaya yang melalukan uji coba menggunakan media pembelajaran ini terdapat 92,89% medapatkan skor maksimal. (3) Hasil belajar peserta didik pengguna media pembelajaran interaktif berbasis Android Smart Apps Creator dari analisis hasil pre-test dan post-test melalui Uji-t diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari peningkatan hasil belajar materi Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya materi Taharah. Hal ini menjadi acuan bahwa media pembelajaran ini sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Bella Halimatusd71218062@uinsby.ac.idD71218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Android Smart Apps Creator; PAI; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bella Halimatus Zahroh
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:32
Last Modified: 26 Feb 2024 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55460

Actions (login required)

View Item View Item