Konsep sufisme kontemporer menurut Haidar Bagir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karomah, Lailatul (2022) Konsep sufisme kontemporer menurut Haidar Bagir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Karomah_E97218072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengakaji tentang konsep sufisme pada era kontemporer atau neo-sufisme menurut Haidar Bagir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis tokoh. Dan bertujuan memberikan informasi teori sufisme kontemporer Haidar Bagir. Dalam era kontemporer ini secara tidak sadar masyarakat haus akan nilai-nilai spiritualitas dengan terjadinya peristiwa peristiwa penyimpangan sosial, budaya, agama, ataupun yang lain. Hal ini mengakibatkan kan timbulnya keresahan beberapa tokoh untuk menciptakan gagasan baru untuk meningkatkan nilai-nilai spiritualitas. Dengan inilah Haidar Bagir menjadi salah satu tokoh pengagas mahzab cinta sebagai sumber kebahagiaan. Adanya hal tersebut nantinya menjadi pemahaman baru neo-sufisme bagi masyarakat abad 20-an. Hal itu merupakan suatu bentuk keresahan Haidar Bagir dengan menciptakan gagasan gagasan baru. Beliau berkontribusi dalam bidang Pendidikan, sosila, politik, hingga kebudayaan. Sehingga disini beliau banyak memciptakan gagasan gagasan pemikiran hingga komunitas yang hingga saat ini menjadi popular diindonesia. Seperti Penerbit Mizan, Sekolah Lazuardi, Yayasan kaum Dhuafa, dan lain-lain. Dalam bertasawuf beliau terinspirasi oleh Muhammad Iqbal yang berdasarkan oleh Mulla Shadra dan ayahnya yang telah mendidiknya sejak kecil. Sehingga disini beliau sangat berpikir rasional dalam sebuah permasalahan secara islam secara menyeluruh. Hal ini nantinya akan menciptakan kebahagiaan ruhaniyah bagi masyarakat abad 20-an melalui mahzab cinta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karomah, Lailatullaailkaar@gmail.comE97218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Ideologi Islam
Tasawuf
Keywords: Tasawuf; Neo-Sufisme; Kontemporer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lailatul Karomah
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:39
Last Modified: 18 Oct 2023 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55463

Actions (login required)

View Item View Item