Strategi promosi KBIHU Al Rahmah Mojokerto dalam meningkatkan minat Jamaah Haji dan Umrah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Khofifa Indra (2022) Strategi promosi KBIHU Al Rahmah Mojokerto dalam meningkatkan minat Jamaah Haji dan Umrah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifa Indra Permatasari_B04218013 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses penentuan strategi promosi di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Al – Rahmah Mojokerto dalam meningkatkan minat jamaah haji dan Umrah dan mengetahui model strategi promosi di KBIHU Al – Rahmah Mojokerto dalam meningkatkan minat jamaah haji dan Umrah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumuplan data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian di KBIHU Al – Rahmah adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan, bahwa, dalam proses penentuan strategi promosi, KBIHU Al – Rahmah terlebih dulu mencari tahu kebutuhan dan keinginan masyarakat. Setelah KBIHU Al – Rahmah mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat kemudian KBIHU Al – Rahmah menetapkan sasaran. Penetapan sasaran dilakukan agar KBIHU Al – Rahmah memiliki gambaran untuk menetapkan harga. Setelah harga ditetapkan selanjutnya adalah penetapan strategi promosi. Selain itu KBIHU Al – Rahmah memiliki 2 upaya untuk mendapatkan jamaah haji dan Umrah. Upaya yang dilakukan KBIHU Al – Rahmah dalam mendapatkan jamaah yaitu membangun relasi dan menerapkan positioning. Penerapan kedua strategi tersebut digunakan untuk meningkatkan minat jamaah haji dan Umrah. Selain itu, KBIHU Al – Rahmah juga mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan jumlah jamaah. Upaya yang dilakukan KBIHU Al – Rahmah dalam meningkatkan jumlah jamaah, yaitu periklanan berupa brosur, promosi penjualan berupa diskon atau potongan harga dan word of mouth yaitu dari mulut ke mulut. Dengan penerapan model promosi tersebut KBIHU Al-Rahma dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Khofifa Indrakhofifahindra132@gmail.comB04218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Ibadah
Promosi
Keywords: Jamaah Haji; Umroh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Khofifa Indra Permatasari
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:33
Last Modified: 19 Sep 2022 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55476

Actions (login required)

View Item View Item