Pemberdayaan ekonomi Karang Taruna melalui pengolahan limbah kertas di RT.16 RW.02 Kelurahan Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mariska, Shofura Hanum (2022) Pemberdayaan ekonomi Karang Taruna melalui pengolahan limbah kertas di RT.16 RW.02 Kelurahan Geluran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofura Hanum Mariska_B92218131 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai proses pemberdayaan ekonomi kelompok pemuda karang taruna melalui pengolahan limbah kertas di RT.16 RW.02 Kelurahan Geluran. Dengan melihat akan kondisi sebelum pemberdyaan, strategi pemberdayaan, hasil strategi pemberdayaan serta relevansi dakwah dalam pemberdayaan pengolahan limbah kertas. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni berbasis ABCD atau Asset Bassed Community Development. Pada metode ABCD ini dilakukan dengan 5 tahapan yakni, Discovery, untuk mengidentifikasi aset dan kisah sukses masa lalu, Dream membangun sebuah impian, Design merencanakan aksi, Define menentukan aksi, Destiny merealisasikan yang sudah dirancang. Hasil Penelitian dari proses pemberdayaan ekonomi melalui pengolahan limbah kertas ini dengan kondisi sebelum adanya pemberdayaan aset akan limbah kertas yang tidak dimanfaatkan, maka strategi untuk mengolah limbah kertas menjadi produk yang bernilai jual, hasilnya yakni produk yang dari limbah dipasarkan dan mendapatkan laba atau keuntungan. Serta dengan mengimplementasikan dakwah islam untuk memanfaatkan potensi yang ada dapat dinovasikan menjadi sesuatu yang baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mariska, Shofura Hanumshofurahanum23@gmail.comB92218131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Karang Taruna; limbah kertas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shofura Hanum Mariska
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:04
Last Modified: 19 Sep 2022 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55477

Actions (login required)

View Item View Item