Analisis praktik paron sawah ditinjau dari akad mukhabarah dan kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uyun, Khofifah Wirdatul (2022) Analisis praktik paron sawah ditinjau dari akad mukhabarah dan kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Wirdatul Uyun_G94218187 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “analisis praktik paron sawah ditinjau dari akad mukhabarah dan kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik paron sawah ditinjau dari akad mukhabarah serta bagaimana kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan melalui proses wawancara dan dokumentasi, dan hasil dari penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif, karena peneliti akan menjabarkan dan menganalisis hasil data penelitian dengan teori akad mukhabrah dan teori kesejahteraan (had kifayah). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yakni diperoleh dari wawancara kepada pihak narasumber yang bersangkutan dan sumber data sekunder diperoleh dari buku, skrpisi terdahulu dan jurnal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa paron yang diterapkan oleh masyarakat Desa Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik, serupa dengan kerjasama sektor pertanian yang dalam istilah Islam disebut dengan Mukahabrah. Akan tetapi, ada catatan bahwa dalam praktik paron yang dilakukan masyarakat Desa Gredek pada saat akad tidak ditetapkan kapan berakhirnya kerjasama paron. Kontribusi kerjasama paron yang dilakukan masyarakat Desa Gredek dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang ikut andil dalam paron terutama petani penggarap yang tidak mempunyai pekerjaan tetap dan yang hanya mengandalkan hasil panen dari lahan/sawahnya sendiri dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sesuai dengan teori had kifayah yang telah ditetapkan oleh BAZNAS. Paron yang telah dilakukan oleh sebagian masyarakat Desa Gredek diharapkan untuk ke depannya pada saat proses akad tidak hanya dilakukan secara lisan akan tetapi dengan membuat perjanjian hitam di atas putih dan menentukan kapan berakhirnya kerjasama paron untuk menghindari risiko yang akan muncul di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uyun, Khofifah Wirdatulkhofifahwirdatuluyun7@gmail.comG94218187
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustianto, Mochammad Andremochammad.andre@uinsby.ac.id2011089003
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Pertanian
Keywords: Paron; mukhabarah; kesejahteraan petani; had kifayah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khofifah Wirdatul Uyun
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:03
Last Modified: 20 Sep 2022 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55499

Actions (login required)

View Item View Item