Pemberdayaan pemuda karang taruna dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan melalui upaya pemanfaatan limbah minyak jelantah di Dusun Gondang Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Nadiah (2022) Pemberdayaan pemuda karang taruna dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan melalui upaya pemanfaatan limbah minyak jelantah di Dusun Gondang Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiah Rachmah_B92218124 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memaparkan sebuah upaya dalam memecahkan persoalan minyak jelantah yang mencemari lingkungan masyarakat Dusun Gondang. Masalah ini berasal dari kebiasaan masyarakat dalam membuang limbah jelantah di saluran IPAL, saluran got, sungai, dan juga sebagai penyulut api untuk membakar sampah rumah tangga mereka. Masyarakat menginginkan adanya sebuah perubahan dan solusi dalam menghadapi permasalahan yang ada. Tujuan dengan adanya penelitian aksi ini ialah untuk dapat mengetahui kondisi lingkungan yang terjadi di Dusun Gondang, menemukan strategi perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, dan dapat mengetahui capaian hasil dari rangkaian proses dalam melakukan pemberdayaan yang telah dilakukan. Pendampingan dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode pendekatan riset aksi partisipatoris atau yang dapat dikenal dengan Participatory Action Research (PAR). Dalam melakukan penelitian ini ada beberapa tahapan prosedur yang dilakukan yaitu dengan melakukan assessment awal, inkulturasi, menentukan agenda riset, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah dan harapan, menyusun strategi pemberdayaan, pengorganisasian masyarakat, melaksanakan aksi perubahan, sampai dengan melakukan kegiatan monitoring, evaluasi, dan juga refleksi. Strategi yang digunakan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat guna mengatasi limbah minyak jelantah yang ditemukan peneliti bersama dengan masyarakat yaitu (1) Edukasi pengelolaan limbah minyak jelantah; (2) Pendampingan kelompok dalam pengolahan limbah minyak jelantah; (3) Menginisiasikan kebijakan dan membentuk kelompok pengolah limbah minyak jelantah. Perubahan yang dihasilkan dalam melakukan proses pendampingan pemberdayaan masyarakat ini ialah (1) Masyarakat memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam pemanfaatan limbah minyak jelantah; (2) Terbentuknya pengurus limbah minyak jelantah; (3) Adanya advokasi kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Nadiahnadiahrachmah20@gmail.comB92218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Remaja
Keywords: Pemberdayaan; edukasi; pemanfaatan limbah minyak jelantah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nadiah rachmah
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:59
Last Modified: 20 Sep 2022 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55505

Actions (login required)

View Item View Item