Respon Komunitas PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Muda Surabaya terhadap program “Mata Najwa” dalam perspektif Teori Uses and Gratification

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Syafira Ramadhania (2022) Respon Komunitas PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Muda Surabaya terhadap program “Mata Najwa” dalam perspektif Teori Uses and Gratification. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syafira Ramadhania Wahyudi_I01218036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selama masa pandemic, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dengan yang namanya digitalisasi, termasuk soal konsumsi pemberitaan. Khususnya bagi kalangan generasi milenials, saat ini kita sedang dihadapi yang dengan yang namanya fase true or false, dimana kebijakan-kebijakan pemerintah yang diambil selama pandemic ini memberikan berbagai respons baik pro dan kontra. Demikian memberikan ruang bagi para influencer – influencer muda untuk mempengaruhi pola pikir budaya konsumtif bagi pengguna media social. Salah satunya ialah Najwa Shihab, beliau adalah salah satu influencer yang banyak digemari masyarakat khususnya bagi genera millenials. Dengan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ResponKomunitas PKS Muda Surabaya terhadap Program Mata Najwa di Trans 7. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara yaitu penelitian yang mengambil populasi 7 orang dari Komunitas PKS Muda Kota Surabaya dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data informasi dan wawancara sebagai pengumpul data isi pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan respons terhadap program Mata Najwa di Trans 7 dapat digolongkan sebagai sikap yang dapat memberikan masukan yang menginspirasi, dalam hal input atau output dalam partai sebagai gambaran dinamika politik yang terjadi. Gambaran tersebut diperoleh dengan banyaknya responden yang menyatakan membutuhkan tayangan seperti progam Mata Najwa dengan tema yang dipilih setiap episodenya, isu-isu yang diangkat setiap episodenya, dan pemilihan narasumbernya. Program dianggap dapat memberikan pengetahuan serta kebutuhan informasi sesuai porsi yang dibutuhkan, dari penyampaian baik dari moderator yaitu Najwa Shihab, dan para narasumber yang hadir dapat memberikan rasa ingin tahu dan juga menyampaikan setiap isu dengan menarik, sehingga membuat penonton tertarik dan memahami apa yang disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Syafira Ramadhaniasyafirawahyudi@gmail.comI01218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Mochammad Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Politik
Keywords: Pengaruh; Mata Najwa; Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Syafira Ramadhania Wahyudi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:15
Last Modified: 19 Oct 2023 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55509

Actions (login required)

View Item View Item