Metode sharah Bulugh Al Maram menurut Muhammad Ibn Salih Al Uthaimin dan Nur Al Din Itr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi,, Hasbul (2022) Metode sharah Bulugh Al Maram menurut Muhammad Ibn Salih Al Uthaimin dan Nur Al Din Itr. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasbul Hadi_02040620007 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Bulugh al-Maram min Adillati al-Ahkam karya Ibn Hajar al-‘Asqalani merupakan salah satu kitab ahadith ahkam yang fenomenal sehingga berbagai kalangan ulama berkeinginan untuk mensharahnya. Pada era kontemporer ini hadir dua kitab sharah berjudul Fathu Dhi al-Jalali wa al-Ikram dan I’lam al-Anam karangan dua ulama populer Ibn ‘Uthaimin dan Nur al-Din ‘Itr. Perbedaan latar belakang pengarang dalam mazhab dan pemahaman mempengaruhi metode pensharahan kedua kitab tersebut, sehingga terdapat persamaan dan perbedaan antara. Berangkat dari hal ini, tesis ini berfokus pada pembahasan tentang metode sharah hadis menurut Ibn ‘Uthaimin dan Nur al-Din ‘Itr dengan pokok permasalahan sebagai berikut: 1) bagaimana metode pensharahan hadis dalam kitab Fathu Dhi al-Jalali wa al-Ikram menurut Ibn ‘Uthaimin dan I’lam al-Anam menurut Nur al-Din ‘Itr. 2) bagaimana persamaan dan perbedaan metode pensharahan hadis antara kedua kitab. Adapun model penelitian dalam tesis ini menggunakan model kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis library research (studi kepustakaan). Teknik penggalian data melalui dokumentasi untuk menghimpun data terkait komparasi metode pensharahan hadis kitab Fathu Dhi al-Jalali wa al-Ikram menurut Ibn ‘Uthaimin dan I’lam al-Anam menurut Nur al-Din ‘Itr. Terdapat beberapa hasil dan kesimpulan setelah dilakukan penelitian komparasi terhadap metode pensharahan hadis kitab Fathu Dhi al-Jalali wa al-Ikram dan I’lam al-Anam dan ditemukan persamaaan antara keduanya. Persamaan metode sharah sebagai berikut: a) Pengantar umum tema kitab. b) Pembagian sub bab. c) menguraikan unsur kebahasaan. d) Penjelasan sabab wurud apabila ada. e) Penjelasan berbagai fawaid hadis. f) Penukilan argumen ulama mutabar. g) menghadirkan ikhtilaf dan mentarjih pendapat. Adapun perbedaan metode sharah sebagai berikut: a) Perincian dalam penjelasan aspek bahasa. b) Argumen dan ijtihad dalam mengambil kesimpulan hukum. c) Pendalaman masalah. d) Kajian usul fiqh. e) Teknik atau gaya bahasa pemaparan. f) Sistematika pembahasan. g) Kajian sanad. h) Perdebatan ulama mazhab. i) Penjelasan mushkil hadis. j) Takhrij hadis. k) Verifikasi refereni sharah. Dengan demikian, dapat diketahui beberapa hal terkait dimensi keunggulan dan kekurangan dari masing-masing metode sharah yang telah ditampikan oleh kedua pensharah, sehingga memudahkan pembaca untuk menentukan kitab sharah yang sesuai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi,, Hasbulhasbulhadisudan@gmail.com02040620007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, MuhidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSucipto, Mohammad HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Keywords: Metode sharah hadis; Fathu Dhi al Jalali wa al Ikram; I’lam al Anam
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Hasbul Hadi
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:10
Last Modified: 20 Sep 2022 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55512

Actions (login required)

View Item View Item