“Surabaya Bike Friendly City” sebagai implementasi kebijakan publik dalam meningkatkan sistem transportasi berkelanjutan di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Viola, Hasna Anugerah (2022) “Surabaya Bike Friendly City” sebagai implementasi kebijakan publik dalam meningkatkan sistem transportasi berkelanjutan di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasna Anugerah Viola_ G91218077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan aktivitas bersepeda sebagai salah satu moda transportasi berkelanjutan membuktikan bahwa mayoritas kota memiliki ambisi untuk mencapai kota ramah pesepeda. Bike-friendly city merupakan kota yang memiliki dukungan besar terhadap penggunaan sepeda sebagai gaya hidup baru yang aktif dan sehat. Tulisan ini bertujuan menjawab rumusan masalah mengenai implementasi kebijakan publik dalam meningkatkan sistem transportasi berkelanjutan sekaligus mengkaji beragam strategi dari kota-kota ramah pesepeda yang telah diakui berdasarkan Copenhagenize Index. Penggunaan metode kualitatif dilakukan dengan menghimpun data sekunder yang dibingkai melalui literature review. "Surabaya Bike Friendly City" adalah bentuk kampanye perwujudan smart mobility yang digagas Pemerintah Kota Surabaya dengan berfokus pada perbaikan infrastruktur jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan hijau di Kota Surabaya yang terkoneksi langsung dengan ketersediaan lajur sepeda, pertambahan rak sepeda, dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya memberikan kemudahan akses bagi warga kota menuju ruang publik, ruang terbuka hijau, serta jalur pedestrian. Terciptanya aksesibilitas melalui pengembangan jaringan jalan melibatkan serangkaian proses pencetusan strategi, kebijakan, perencanaan, dan praktik yang diharapkan menjadi kekuatan Kota Surabaya dalam merealisasikan pembangunan kota berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Viola, Hasna Anugerahhasnaviola@gmail.comG91218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Kebijakan Publik; Transportasi Berkelanjutan; Bike-Friendly City
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasna Anugerah Viola
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:43
Last Modified: 09 Nov 2022 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55519

Actions (login required)

View Item View Item