Analisis resiliensi usaha mikro kecil dan menengah dalam mempertahankan usaha pada masa pandemi COVID-19 di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad Faizun Ulur Rhosyad, Faizun (2022) Analisis resiliensi usaha mikro kecil dan menengah dalam mempertahankan usaha pada masa pandemi COVID-19 di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Faizun Ulur Rhosyad_G91218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan adalah hasil penelitian yang menjawab rumusan mengenai bagaimana resiliensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dalam mempertahankan usaha pada masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi’dan melakukan wawancara kepada narasumber dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kebomas dan juga karyawan di Kecamatan Kebomas. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Kebomas serta 30 pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kebomas sebagai narasumber dari penelitian ini Sumber data primer pada penulisan ini berasal dari 30 pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kebomas dan untuk data sekunder dari penulisan skripsi ini adalah berasal dari informasi yang diperoleh dari wawancara di Kantor Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa resiliensi atau tingkat ketangguhan dari pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Kebomas dalam mempertahankan usahanya pada masa pandemi COVID-19 tergolong sebagai resiliensi dalam tingkat tinggi dikarenakan dengan adanya ujian dengan adanya pandemi COVID-19 para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik tetap bertahan dengan segala kondisi guna untuk mempertahankan usaha dan menggunakan beberapa inovasi yang disesuaikan dengan kondisi saat ini yang sudah menggunakan sistem new normal dengan berbagai adaptasi setelah adanya pandemi COVID-19. Beberapa saran dari penulis adalah sebagai pelaku UMKM hendaknya lebih bersemangat lagi di dalam mempertahankan suatu usaha dan lebih meningkatkan lagi inovasi dalam berusaha, untuk pemerintah harus lebih lagi memperhatikan dan memakmurkan pelaku UMKM di Kecamatan kebomas agar mereka bisa bangkit dan bertahan untuk tetap berusaha di dalam mempertahankan UMKM di Kecamatan Kebomas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad Faizun Ulur Rhosyad, Faizunafaizun99@gmail.comG91218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Keywords: Resiliensi; usaha mikro kecil dan menengah; kemajuan ekonomi; pandemi COVID–19.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Achmad Faizun Rhosyad
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:02
Last Modified: 06 Oct 2022 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55545

Actions (login required)

View Item View Item