Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran model Karakter, Kreatif, Kinerja, dan Konservatif (4K)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Anita (2022) Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran model Karakter, Kreatif, Kinerja, dan Konservatif (4K). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Firdaus_D04215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut setiap peserta didik untuk mengembangkan kemampuan tingkat tinggi agar mampu berkompetensi dan bersaing secara global. Salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Namun, berpikir kritis peserta didik masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran Karakter, Kreatif, Kinerja, dan Konservatif (4K). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan pembelajaran model 4K. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pembelajaran model 4K dilakukan pada materi prisma dan limas di kelas VIII MTsN 3 Kota Surabaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas enam sampel peserta didik yang dipilih secara acak melalui teknik simple random sampling dari seluruh kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara setelah pembelajaran model 4K selesai dilakukan. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dan dianalisis berdasarkan ketercapaian indikator berpikir kritis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah pembelajaran model 4K, seluruh subjek penelitian mampu berpikir kritis dengan tingkat yang berbeda. Dari enam subyek peserta didik dalam penelitian ditemukan empat peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi tiga atau empat indikator dan dua peserta didik dengan tingkat kemampuan berpikir kritis rendah mampu memenuhi satu atau dua indikator. Sehingga dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat berpikir kritis yang dominan setelah pembelajaran model 4K adalah kemampuan berpikir kritis sedang dimana peserta didik tersebut memenuhi indikator menanya dan menjawab pertanyaan, melakukakan observasi dan menilai hasil observasi, mendefinisikan dan menilai hasil definisi serta indikator membuat dan mempertimbangkan keputusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Anitaanitafirdausinuzula@gamil.comD04215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, USmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: kemampuan berpikir kritis; model 4K; materi geometri.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anita Firdaus
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:19
Last Modified: 10 Apr 2023 12:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55579

Actions (login required)

View Item View Item