Analisis perbandingan kinerja keuangan pada organisasi pengelolaan zakat dengan perspektif rasio keuangan organisasi pengelolaan zakat Puskas Baznas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardianshah, Nur (2022) Analisis perbandingan kinerja keuangan pada organisasi pengelolaan zakat dengan perspektif rasio keuangan organisasi pengelolaan zakat Puskas Baznas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ardianshah_G95218059.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian terhadap perbandingan kinerja keuangan organisasi pengelolaan zakat, yang bertujuan untuk menganalisis dan membandingan kinerja keuangan antara Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat yaitu Dompet Dhuafa dan Lembaga Manajemen Infak Ukuwah Islamiyah (LMI) periode 2018-2020 berdasarkan rasio aktivitas, rasio efisiensi, rasio dana amil, rasio likuiditas dan rasio pertumbuhan. Metodologi penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan menganalisis dan membandingkan laporan keuangan BAZNAS dan LAZNAS, dan mengukur dengan menggunakan rasio keuangan organisasi pengelolaan zakat PUSKAS BAZNAS, sumber data berasal dari laporan keuangan BAZNAS periode 2018-2020 dan LAZ Dompet Dhuafa periode 2018-2020, Lembaga Manajemen Infak Ukuwah Islamiyah (LMI) periode 2018-2020. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan rasio aktivitas rata-rata nilai analisis perbandingan LAZ LMI lebih baik dan menunjukan kinerja yang sangat efektif, rasio efisiensi rata-rata nilai analisis perbandingan BAZNAS lebih baik dan menunjukan kinerja yang efektif, rasio dana amil rata-rata nilai analisis perbandingan BAZNAS lebih baik dan menunjukan kinerja yang baik, rasio likuiditas rata-rata nilai analisis perbandingan BAZNAS lebih baik dan menunjukan kinerja yang baik dan rasio pertumbuhan rata-rata nilai analisis perbandingan BAZNAS dan LAZ Dompet Dhuafa menunjukan posisi yang sama efektif. BAZNAS untuk meningkatkan efisiensi kinerja sumber daya manusia agar lebih optimal dan efisien dan pada rasio likuiditas menjadi lebih baik dalam membayar utang jangka pendeknya sehingga dapat mengontrol kegiatan operasiona, LAZ Dompet Dhuafa untuk meningkatkan kinerja operasional pada rasio aktivitas agar berjalan lebih optimal dan pada rasio efisiensi untuk meningkatkan kegiatan operasioanl agar lebih efisien dalam penghimpunan dan pendistribusian dana, dan LAZ LMI untuk mengukur besarnya pengeluaran dalam operasional agar lebih efisien dalam kegiatan mengontrol jumlah dana operasional pendistribusian sehingga mampu meningkatkan efisiensi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardianshah, Nurardianshah.yandol@gmail.comG95218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keuangan
Keywords: Kinerja keuangan; BAZNAS dan LAZNAS; rasio keuangan OPZ
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NUR ARDIANSHAH
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:41
Last Modified: 07 Oct 2022 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55585

Actions (login required)

View Item View Item