Analisis kesalahan siswa berdasarkan Fong’s Schematic model for error analysis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tingkat Math Anxiety

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Febrianti Rofidatul (2022) Analisis kesalahan siswa berdasarkan Fong’s Schematic model for error analysis dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari tingkat Math Anxiety. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrianti Rofidatul Hasanah_D74216093.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesalahan siswa berdasarkan Fong’s schematic model for error analysis dibagi menjadi dua tingkatan. Pada tingkatan pertama, kesalahan siswa dibagi berdasarkan kelengkapan skema siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, yaitu E1: no solution, E2: using irrelevant procedure, E3: incomplete schema with no error, E4: incomplete schema with error, dan E5: complete schema with error. Pada tingkatan kedua, kesalahan dibagi berdasarkan pengetahuan matematika siswa, yaitu F1: kesalahan bahasa, F2: kesalahan operasional, F3: kesalahan tema matematika, dan F4: faktor psikologis. Salah satu faktor yang mempengaruhi dalam menyelesaikan soal cerita adalah perbedaan tingkat math anxiety siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kesalahan siswa berdasarkan Fong’s schematic model for error analysis pada siswa yang memiliki tingkat math anxiety rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan 6 siswa kelas VII SMP Islam Al- Mukhlisin yang dipilih berdasarkan hasil angket tingkat math anxiety. Keenam subjek terdiri dari 2 siswa dengan tingkat math anxiety rendah, 2 siswa dengan tingkat math anxiety sedang, dan 2 siswa dengan tingkat math anxiety tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tulis berupa soal cerita bentuk uraian dan wawancara. Adapun data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) siswa dengan tingkat math anxiety rendah melakukan kesalahan tingkatan pertama pada kategori E4 dan E5. Sedangkan pada tingkat kedua, siswa melakukan kesalahan pada kategori F1 dan F2. (2) siswa dengan tingkat math anxiety sedang melakukan kesalahan tingkatan pertama pada kategori E2 dan E5. Sedangkan pada tingkat kedua, siswa melakukan kesalahan pada kategori F1, F2, dan F3. (3) siswa dengan tingkat math anxiety tinggi melakukan kesalahan tingkatan pertama pada kategori E1 dan E2. Sedangkan pada tingkat kedua, siswa melakukan kesalahan pada kategori F1, F2, dan F3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Febrianti Rofidatulfebriantirofidatulhasanah@gmail.comD74216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kesalahan matematika; soal cerita; Fong’s Schematic model for error analysis; Math Anxiety
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Febrianti Rofidatul Hasanah
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:53
Last Modified: 07 Oct 2022 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55588

Actions (login required)

View Item View Item