Ekstremisme Taliban dalam memperkuat paham Islam Konservatif di Afghanistan: analisis kritik ideologi Jurgen Habermas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahid, Muh. Ilham (2022) Ekstremisme Taliban dalam memperkuat paham Islam Konservatif di Afghanistan: analisis kritik ideologi Jurgen Habermas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Ilham Wahid_E91218085.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan terkait tindakan yang dilakukan oleh gerakan kelompok ekstrem Taliban dalam memperkuat paham Islam Konservatif di Afghanistan yang masih menarik diperbincangkan dalam ruang-ruang akademik. Gerakan kelompok Taliban didudukkan sebagai organisasi yang efektif menyebarkan paham-paham keagamaan yang eksklusif dan lebih mengutamakan kekerasan dan juga cenderung memahami konsep keagamaan secara tekstual yang sangat konservatif, telah banyak fakta yang sudah diungkapkan dalam beberapa penelitian hingga sejauh ini isu Taliban masih menarik untuk diteliti apalagi kebangkitan kembali Taliban yang mendominasi populasi Pemerintahan di Afghanistan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pisau analisis kritik ideologi Jurgen Habermas dalam rangka membongkar kerangka paham ekstrem yang dibangun oleh gerakan kelompok Taliban yang didukung oleh salah satu teori tindakan komunikatif dalam mengedepankan emansipatoris hingga terwujudnya masyarakat tanpa paksa. Kajian ini memfokuskan pada kajian literatur atau studi pustaka, di mana mengumpulkan data-data yang terangkum dalam bentuk literature, seperti jurnal, skripsi, manuskrip, website dan lain-lain yang relevan meneliti terkait gerakan dan ideologi Taliban di Afghanistan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahid, Muh. Ilhamwahidilham0990@gmail.comE91218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Ideologi Islam
Negara Islam
Keywords: Taliban; Afghanistan; Ekstremisme; kritik ideologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muh Ilham Wahid
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:30
Last Modified: 06 Dec 2022 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55599

Actions (login required)

View Item View Item