Tindakan Sweeping Front Pembela Islam (FPI) di Paciran Kabupaten Lamongan dalam Perspektif Sztompka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Maziatus (2020) Tindakan Sweeping Front Pembela Islam (FPI) di Paciran Kabupaten Lamongan dalam Perspektif Sztompka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maziatus Sa’adah_E01216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tindakan Sweeping terhadap kemugkaran menjadi salah satu konsep dari penerapan gerakan keorganisasian keislaman Front Pembela Islam (FPI) dengan konsep amar ma'ruf nahi mungkar. Kelompok ini termasuk dalam gerakan Islamisme yang aktif dalam aksi sweeping yang di lakukannya, terbukti pada wilayah Paciran Kabupaten Lamongan masih banyak tempat-tempat maksiat dan sweeping FPI aktif disana. Namun, ada beberapa anggota yang mempunyai motif lain dan menjadikan tindakan sweeping mereka dengan tujuan tertentu. Masyarakat disana juga mempunyai respon negative dan postif tentang keberadaan kelompok FPI disana lebih-lebih pada tindakan sweeping mereka.Penelitian berjudul Tindakan Sweeping Front Pembela Islam (FPI) di Paciran Kabupaten Lamongan dalam Perspektif Sztompka, menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan in depth interview (wawancara mendalam), library research (penelitian perpustakaan), berita dari web, youtube, jurnal, dan skripsi dengan menggunakan teori gerakan sosial dari Sztompka tentang teori sosial, politik. Temuan penelitian adalah: Pertama, beberapa anggota FPI mempunyai motif lain dari aksi sweeping mereka seperti ajang balas dendam, dan ada yang memperhitungkan untuk meminta upah dari polisi. Kedua, Respon positif dan negatif dari masyarakat terhadap adanya tindakan sweeping FPI yang terkadang menggunakan dengan cara kekerasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Maziatusmaziasaadah0@gmail.comE01216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Amin, Ainur Rofikar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Aliran dan Sekte
Filsafat
Ideologi Islam
Keywords: Sweeping; Front Pembela Islam (FPI); Teori Sztompka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maziatus Sa'adah
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:46
Last Modified: 02 Nov 2022 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55604

Actions (login required)

View Item View Item