Penerapan pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Kumon untuk melatih kemandirian siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjarwati, Luluk Ayu (2022) Penerapan pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Kumon untuk melatih kemandirian siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Ayu Anjarwati_D74215048 ok.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kemandirian siswa adalah kesadaran setiap siswa dalam
melakukan proses kegiatan belajar yang di gerakan oleh diri sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Kumon adalah salah satu model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran matematika. Dengan menggunakan model pembelajaran kumon potensi yang dimiliki setiap siswa akan tergali dengan sendirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kumon, untuk mendeskripsikan aktivitas siswa terhadap penerapan pembelajaran kumon, serta bertujuan untuk melihat kemandirian siswa setelah menerapkan model pembelajaran kumon.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian Case Study. Subjek dalam penelitian ini berawal dari siswa level G di Kumon Sutorejo Tengah yang terdiri dari 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode angket, dan metode tes.Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kumon memperoleh persentase sebesar 95,8% tergolong siswa yang aktif. Respon siswa setelah mengikuti pembelajaran kumon, mendapatkan kategori positif dengan nilai persentase sebesar 75,6%. Setelah diterapkan model pembelajaran kumon, hasil tes kemandirian siswa terdapat 9 siswa yang mempunyai kemandirian belajar yang baik dan 1 siswa yang mempunyai kemandirian belajar yang cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjarwati, Luluk Ayuayululuk3@gmail.comD74215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Kumon; kemandirian siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Luluk Ayu Anjarwati
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:48
Last Modified: 12 Dec 2022 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55608

Actions (login required)

View Item View Item