Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Vlog (Video Blog) untuk melatih pemahaman konsep Matematika Siswa SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indahsari, Mesy Nur (2022) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Vlog (Video Blog) untuk melatih pemahaman konsep Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mesy Nur Indahsari_D04217017 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis vlog, penerapan media pembelajaran berbasis vlog, serta efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis vlog untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan validasi ahli, metode observasi, tes, dan angket respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VII-I MTsN 2 Sidoarjo Tahun ajaran 2021/2022 yang sebelumnya pernah menerima materi subpokok bahasan himpunan. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar validasi untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pmbelajaran berbasis vlog, lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran mengunakan media pembelajaran digunakan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis vlog, serta lembar tes pemahaman konsep, dan lembar angket respon siswa untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis vlog untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media pembelajaran berbasis vlog berdasarkan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Menganalisis), Design (Mercancang), Development (Mengembangkan), Implementation (Menerapkan), Evaluation (Mengevaluasi) yang menghasilkan vlog berbentuk vlog talking head yaitu satu atau beberapa orang berbicara didepan kamera, pada vlog jenis ini hanya terlihat kepala hingga setengah tubuh. Berdasarkan validasi ahli, media pembelajaran berbasis vlog yang dikembangkan valid dan praktis. 2) Penerapan media vlog untuk melatih kemampuan pemahaman siswa termasuk kriteria baik berdasarkan observasi kegiatan guru dengan aktivitas siswa masuk dalam kategori aktif. 3) Media pembelajaran berbasis vlog efektif untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan ketuntasan klasikal mencapai 91% dan respon yang didapat dari siswa adalah positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indahsari, Mesy Nurmessynis@gmail.comD04217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id198012072008012010
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Efektivitas; Vlog; pemahaman konsep Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mesy Nur Indahsari
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:01
Last Modified: 28 Oct 2022 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55624

Actions (login required)

View Item View Item