Desain visual dakwah pada akun Instagram @kata_nabi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Tedy Firmansyah (2022) Desain visual dakwah pada akun Instagram @kata_nabi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tedy Firmansyah Susanto B01218041 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana elemen desain akun Instagram @kata_nabi, (2) Bagaimana makna elemen desain akun Instagram @kata_nabi, dan (3) Bagaimana karakter desain akun Instagram @kata_nabi. Untuk mengindentifkasi persoalan tersebut secara mendalam maka peneliti mengunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti akan menggunakan 6 unggahan sebagai objek penelitian. Data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori analisis Semiotika Charles Sanders Pierce, yaitu representamen, objek, dan interpretan. Hasil penelitian ini adalah unggahan poster dakwah pada akun Instagram @kata_nabi memiliki elemen desain berupa ilustrasi, warna, dan tipografi. Elemen desain tersebut dirangkai sebagai penjelas pesan dakwah dan upaya meneladani hadist Nabi. Dari elemen desain visual dakwah yang telah diteliti, elemen-elemen tersebut membentuk karakter atau kesamaan desain yang sederhana, ramah, dan bersahabat pada setiap unggahannya. Rekomendasi serta saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti media dakwah lain dengan fokus penelitian pada elemen-elemen yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Tedy Firmansyahtedyfirmansyahsusanto@gmail.comB01218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Shokisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Keywords: Desain; media dakwah; analisis semiotik; Charles Sanders Pierce; Instagram; @kata_nabi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Tedy Firmansyah Susanto
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:26
Last Modified: 20 Sep 2022 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55646

Actions (login required)

View Item View Item