Komparasi hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti antara peserta didik yang belajar secara daring dengan yang luring di SMP AL AMIN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Fakky Fahrisal (2022) Komparasi hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti antara peserta didik yang belajar secara daring dengan yang luring di SMP AL AMIN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fakky Fahrisal Nur_D71218067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia memberikan himbauan kepada seluruh sektor pendidikan untuk melaksanakan penerapan pembelajaran bersifat lima puluh persen dalam Pembelajaran di sekolah adanya pandemi Covid-19. Kegiatan ini meliputi pelaksanaan pembelajaran daring dan luring yang dilaksanakan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, kegiatan pembelajaran lima puluh persen dilaksanakan melalui pembagian peserta didik, yang sebagian melaksakan pembelajaran daring di rumah, dan sebagian yang lain melaksanakan pembelajaran luring dengan hadir ke sekolah.Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang melaksanakan pembelajaran daring dan luring pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP AL AMIN Surabaya. Peneliti juga ingin mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan yang luring di SMP AL AMIN Surabaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian bersifat kuantitatif dengan jenis komparasional. Adapun populasi sebanyak 132 peserta didik dan mengambil sampel sebanyak 56 peserta didik melalui probability sampling dengan mengunakan proposional random sampling sebanyak 14 peserta didik pada setiap rombel kelas VIII A,B,C, dan D. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi ke lapangan. Analisis data menggunkan uji t yaitu independent sample t-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 27. Hasil penelitian menunjukan pada table group stastistik jumlah nilai rata-rata seluruh sampel hasil belajar peserta didik yang mengunakan pembelajaran daring (Y) sebanyak 83,07. Sedangkan untuk sampel peserta didik yang menggunakan pembelajaran luring (X) dengan nilai rata-rata 75,94. Selanjutnya, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang melaksanakan pembelajaran daring (Y) dengan luring (X) berdasarkan tabel independent sample t-test sebesar 0,036 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Fakky Fahrisalfakkyfahrisal@gmail.comD71218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Internet
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Daring; Pembelajaran Luring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Fakky Fahrisal Nur
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:56
Last Modified: 10 Apr 2023 12:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55652

Actions (login required)

View Item View Item