Pendampingan karang taruna melalui pemanfaatan sekam padi di Dusun Jagul Desa Sendangrejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mochamad Tata (2022) Pendampingan karang taruna melalui pemanfaatan sekam padi di Dusun Jagul Desa Sendangrejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Tata Ramadhan_B92218117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pendampingan masyarakat terutama karang taruna di Dusun Jagul Desa Sendangrejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan dengan mengelola sekam padi menjadi briket arang sekam padi. Penelitian ini berfokus pada pemuda – pemudi karang taruna yang ada di Dusun Jagul, mereka menentukan sekam padi untuk dijadikan inovasi usaha bersama. Alasan memilih karena sekam padi yang melimpah dan pertanian padi yang cukup banyak memenuhi wilayah Dusun Jagul.Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang merupakan salah satu cara mengorganisir masyarakat untuk melihat potensi aset dan melakukan perubahan. Mimpi yang tepat dan kuat untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada seperti SDA (Sumber Daya Alam) maupun SDM (Sumber Daya Manusia) menentukan keberhasilan dalam mewujudkan impian masyarakat dan pemuda-pemudi karang taruna.Aksi yang dilakukan pemuda – pemudi karang taruna bersama peneliti yakni pemanfaatan sekam padi menjadi briket areng membawa sebuah perubahan dalam pola pikir dan kehidupan masyarakat terutama pemuda – pemudi karang taruna. Mulai dari mengenali aset kemudian mampu mengasah diri dan mengelola aset alam yang telah ada hingga memanfaatkannya sebagai energi biomassa yang bernilai jual, sehingga mereka mendapatkan penghasilan melalui aset tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mochamad Tatamoch.tata.mr@gmail.comB92218117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan; Pemanfaatan Sekam Padi; dan Briket Arang.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mochamad Tata Ramadhan
Date Deposited: 25 Jul 2023 14:04
Last Modified: 25 Jul 2023 14:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55665

Actions (login required)

View Item View Item