Peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada masa pandemi: studi kasus Desa Bringinbendo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruil, Putri Intani Aisa (2022) Peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada masa pandemi: studi kasus Desa Bringinbendo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Intani Aisa Masruil_G91218090_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran perempuan saat ini bukan hanya peran domestik yang mengurus keluarga saja, tetapi perempuan saat ini juga ikut berkecimpung dalam peran publik yang ikut bertanggung jawab atas ekonomi keluargaagar dapat memenuhi kebutuhan. Dengan terpenuhinya seluruh kebutuhan keluarga maka keluarga dapat mencapai sebuah keluarga sejahtera. Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui peran perempuan, faktor pendukung, dan tantangan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan agar dapat menggambarkan secara mendalam peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada masa pandemi di Desa Bringinbendo Kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu sebelas perempuan yang bekerja baik sebagai pencari nafkah utama maupun pencari nafkah tambahan serta sembilan informan yang merupakan suami dari perempuan yang telah terpilih sebagai informan. Adapun teknik pengumpulan data yang terdapat dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga adalah dengan berperan ganda dalam sektor domestik sebagai ibu rumah tangga ataupun anak perempuan dan peran dalam sektor publik yakni sebagai pencari nafkah, baik pencari nafkah utama maupun pencari nahkah tambahan dan (2) faktor-faktor yang mendukung perempuan di Desa Bringinbendo dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada masa pandemi adalah tersedianya lapangan pekerjaan, izin suami, serta pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Sedangkan tantangan perempuan di Desa Bringinbendo dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga pada masa pandemi terbagi menjadi faktor internal (psikologis, kelelahan secara fisik, dan kesulitan membagi waktu dengan keluarga ) dan faktor eksternal (konsumen yang berkurang).Terdapat beberapa saran yang dihasilkan dari penelitian ini. Bagi perempuan yang bekerja agar memanajemen waktunya antara keluarga dengan pekerjaannya serta memaksimalkan kemampuan diri dalam membesarkan dan mendidik buah hatinya. Bagi suami, hendaknya mempunyai rasa toleransi terhadap tantangan peran yang sedang dihadapi oleh perempuan, agar senantiasa turut mengerjakan pekerjaan rumah untuk mengurangi beban istri, bisa dengan mengurus anak atau membersihkan rumah. Bagi pemerintah, seharusnya pemerintah membuat kebijakan mengenai kesetaraan tanggung jawab antara perempuan dan laki-laki dalam sebuah keluarga, sehingga akan terbentuk pembagian peran kerja yang sama antara perempuan dan laki-laki. Hal tersebut dapat mempermudah peran seluruh pihak sebagai istri ataupun suami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruil, Putri Intani Aisaputriintani210200@gmail.comG91218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Keluarga
Wanita
Keywords: Perempuan; Peran Perempuan; Keluarga; Kesejahteraan Keluarga; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Putri intani aisa Masruil
Date Deposited: 11 May 2023 01:47
Last Modified: 11 May 2023 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55681

Actions (login required)

View Item View Item