Nilai-nilai keislaman dalam kesenian gamelan Sambi Joyo Desa Sambongrejo Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegor

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Inge (2022) Nilai-nilai keislaman dalam kesenian gamelan Sambi Joyo Desa Sambongrejo Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegor. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inge Damayanti_A92218104 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, sehingga memakai metode penelitian sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan histori digunakan untuk menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Sambi Joyo serta menggunakan pendekatan sosiologi agama guna memaparkan nilai-nilai agama Islam dalam gamelan Sambi Joyo. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah penetration pacifique yaitu masuknya otoritas kebudayaan yang satu ke kebudayaan yang lain dan teori funsionalisme. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Desa Sambongrejo merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro yang mana memiliki 6 dusun dan 21 rukun tetangga dengan dipimpin oleh seorang kepala desa serta dibantu oleh perangkat desa, 2). Sambi Joyo berdiri pada tahun 2015 dengan dilatar belakangi oleh rasa kekhawatiran akan keberlangsungan generasi penerus kesenian tradisional sehingga terbentuklah perkumpulan yang bermain alat musik gamelan, 3). Nilai-nilai Islam yang terdapat dalam gamelan Sambi Joyo diantaranya ialah nilai etika atau akhlak, nilai ibadah, nilai dakwah, nilai estetika atau keindahan dan nilai pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Ingedamayantiinge25@gmail.comA92218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Subjects: Kebudayaan Jawa
Keywords: Gamelan; Sambi Joyo; Nilai.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Inge Damayanti
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:51
Last Modified: 26 Jul 2023 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55682

Actions (login required)

View Item View Item