Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Inti Fatul (2022) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inti Fatul Khoiroh D74217048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran merupakan salah satu kemampuan yang menjadi tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran yang baik dapat mempengaruhi hasil belajar matematika yang baik pula. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika masih tergolong rendah. Selain itu, hasil belajar yang belum termasuk kategori memuaskan menjadi permasalahan lain dalam pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL di MTs PPIP Ar-Rohmah, (2) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa sebelum penerapan model pembelajaran PBL, (3) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL, (4) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematika siswa, dan (5) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan desain pre test-post test. Adapun pelaksanaan penelitian ini adalah dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs PPIP Ar-Rohmah dengan sampel IX-B yang diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan penalaran serta hasil belajar matematika siswa dengan instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Adapun teknik analisis data untuk kegiatan observasi adalah dengan melakukan kualifikasi berdasarkan skor yang diperoleh, sementara untuk hasil tes menggunakan pengujian hipotesis dengan paired sample test dan uji Wilcoxon.
Penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran PBL di MTs PPIP Ar-Rohmah untuk aktivitas siswa dikategorikan baik dan untuk penerapan pembelajaran PBL untuk aktivitas guru juga dikategorikan baik, (2) kemampuan penalaran matematika siswa sebelum penerapan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori rendah, (3) kemampuan penalaran matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori tinggi, (4) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan penalaran matematika, terbukti dengan hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada kemampuan matematika siswa sebelum diajarkan dengan model pembelajaran PBL, dan (5) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika, terbukti dengan hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa sebelum diajarkan dengan model pembelajaran PBL.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Inti Fatulintifatul1207@gmail.comD74217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Belajar
Matematika
Pendidikan
Keywords: problem based learning; kemampuan penalaran; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Inti Fatul Khoiroh
Date Deposited: 10 Apr 2023 22:29
Last Modified: 10 Apr 2023 22:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55687

Actions (login required)

View Item View Item