Pengorganisasian petani salak dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi olahan buah salak di Dusun Jaddih Tengah II Desa Jaddih Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminah, Sitti (2022) Pengorganisasian petani salak dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi olahan buah salak di Dusun Jaddih Tengah II Desa Jaddih Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sitti Aminah_B92218134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu pendampingan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi pengolahan buah salak yang dilakukan oleh petani salak. Masyarakat Dusun Jaddih Tengah II mengolah buah salak dengan cara menjual mentah tanpa melakukan inovasi terlebih dahulu. Sedangkan, bila dilakukan sebuah inovasi maka keuntungan yang didapatkan sangat besar dan dapat menarik minat pembeli dengan berbagai macam olahan.Metode PAR (Participatory Action Research) merupakan metode yang digunakan oleh peneliti dimana proses penelitian ini mengajak partisipasi aktif masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai subjek,yang menjadi objek adalah problem yang dihadapi penelitian.Proses penelitian skripsi ini dilaksanakan dengan mengkaji masalah bersama masyarakat hingga proses penyelesaian dari masalah tersebut.Sehingga akan tercipta perubahan sosial masyarakat.Proses pendampingan ini dimulai dari assessment awal,inkulturasi,proses penggalian data,menyimpulkan hasil riset, merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan program,mempersiapkan keberlanjutan program, monitoring dan evaluasi.Hasil dari penelitian proses pendampingan ini adalah terwujudnya perubahan dan bertambahnya wawasan masyarakat dalam melakukan inovasi buah salak, yakni dengan adanya proses edukasi masyarakat tentang inovasi buah salak,pembentukan kelompok inovasi buah salak, serta adanya advokasi terkait program pengolahan buah salak kepada pemerintahan Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminah, Sittisittiaminah366@gmailcomB92218134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Inovasi; Perekonomian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sitti Aminah
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:15
Last Modified: 26 Jul 2023 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55688

Actions (login required)

View Item View Item