Praktik akuntansi sederhana peternak cacing : sebuah studi fenomenologi di Desa Cabean Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyanti, Kharisma Galuh (2022) Praktik akuntansi sederhana peternak cacing : sebuah studi fenomenologi di Desa Cabean Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Galuh Cahyanti_G92218080 OK.pdf

Download (896kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Praktik Akuntansi Sederhana Peternak Cacing : Sebuah Studi Fenomenologi di Desa Cabean Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik akuntansi sederhana peternak cacing yang berangkat dari makna akuntansi peternak cacing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset multiparadigma dengan interpretif sebagai paradigmanya. Alat analisis menggunakan fenomenologi transendental dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan sekumpulan metode fenomenologi transendental. Antara lain menganalisis noema, epoche, noesis, intentional analysis, dan eidetic reduction dan terakhir pembahasan hasil dari data wawancara. Hasil penelitian ini adalah praktik akuntansi peternak cacing berdasarkan makna yang akuntansi yang dipahami oleh informan. Hasil pemaknaan tersebut adalah “sebuah praktik mengatur keuangan dengan ingatan atau pencatatan sederhana”. Akuntansi dimaknai demikian sesuai dengan pengalaman dan kesadaran peternak cacing dalam menjalankan usahanya. Pemaknaan yang demikian ber-output pada praktik akuntansi yang dijalankan oleh masing-masing informan. Praktik yang dimaksud disini adalah praktik pencatatan, pengukuran biaya dan juga penentuan laba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyanti, Kharisma Galuhkharismagaluh01@gmaiol.comG92218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi
Peternakan
Keywords: Akuntansi; peternak cacing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Kharisma Galuh Cahyanti
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:08
Last Modified: 18 Oct 2023 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55689

Actions (login required)

View Item View Item