Sejarah perkembangan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 1999-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shalahuddin, Alfan (2022) Sejarah perkembangan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 1999-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfan Shalahuddin_A92215067 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Sejarah Perkembangan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya 1999-2019 dengan fokus pembahasan : (1) Sejarah berdirinya Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, (2) Perkembangan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, (3) Faktor penunjang dan penghambat Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mendorong kemajuan intelektual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis dengan menempuh langkah-langkah: heuristik, verivikasi atau kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Adapun pendekatannya adalah dengan pendekatan sejarah dengan menggunakan teori Continuity and Change oleh Jhon Obert Voll dalam mengkaji perkembangan suatu kelompok atau individu tidak bisa terlepas dari kerangka teori Continuity and Change yang merupakan kesinambungan dan perubahan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) yang sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya berdiri pada tahun 1965. (2) Perpustakaan UIN Sunan Ampel (yang sebelumya bernama IAIN Sunan Ampel) Surabaya masih merupakan perpustakaan dengan sistem katalogisasi manual. Seiring berjalannya waktu perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun mulai dari menambah fasilitas seperti komputer, penambahan fasilitas berupa internet, CCTV, penambahan koleksi, security gate dan menjalin kerjasama dengan beberapa corner seperti Corner of Indonesia Islam (CIOS), BI Corner, Arabian Corner, serta American Corner sebagai jawaban dari kebutuhan pemustaka serta sebagai distinksi pengembangan layanan perpustakaan. (3) Adapun faktor penunjang perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mengembangkan intelektual Islam adalah : SDM (Sumber Daya Manusia), jaringan kerjasama antar perpustakaan (networking), faktor finansial, serta faktor kepala perpustakaan . adapun faktor penghambat perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya adalah: SDM (Sumber Daya Manusia), kemudian ketidakstabilan anggaran, kemudian dalam hal perkembangan gedung, kemudian dukungan pimpinan, serta status kelembagaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shalahuddin, Alfangantengmasalfan@gmail.comA92215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Digital
Sejarah
Keywords: Perpustakaan; UIN Sunan Ampel Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: alfan shalah uddin
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:30
Last Modified: 21 Sep 2022 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55692

Actions (login required)

View Item View Item