Studi komparasi kinerja keuangan menggunakan analisis Du Pont System dan Economic Value Added pada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk. dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Periode 2016-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriya, Anita (2022) Studi komparasi kinerja keuangan menggunakan analisis Du Pont System dan Economic Value Added pada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk. dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Periode 2016-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Fitriya_G94218157 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Studi Komparasi Kinerja Keuangan Menggunakan Analisis Du Pont System dan Economic Value Added Pada PT. Bank Syariah Mandiri (Persero) Tbk. Dan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Periode 2016-2020” dilatarbelakangi oleh pentingnya peran lembaga perbankan dan banyaknya jumlah perbankan di Indonesia, sehingga perlu dilakukan analisis kinerja keuangan untuk mengetahui kinerja perusahaan pada periode tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui komparasi kinerja keuangan pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri periode 2016-2020 dengan menggunakan analisis Du Pont System, Economic Value Added (EVA), serta komparasi kedua metode tersebut ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, dan teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode Du Pont System dan EVA. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis Du Pont System menunjukkan bahwa kinerja Bank Syariah Mandiri dinilai cukup sehat, dan pada Bank Mandiri dinilai sehat. Berdasarkan analisis EVA kinerja Bank Syariah Mandiri dan Mandiri dikatakan baik, karena nilai EVA positif. Sedangkan jika ditinjau dari perspektif ekonomi islam, perbandingan kinerja keuangan antara Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri dengan metode Du Pont System dan EVA menunjukkan bahwa kinerja Bank Syariah Mandiri lebih stabil dibandingkan dengan Bank Mandiri, meskipun pada Bank Mandiri terlihat memiliki kinerja yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan bagi Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja keuangannya di masa depan. Hal ini untuk memperkuat kepercayaan masyarakat dan investor, serta agar lebih mampu bersaing dengan bank syariah dan bank konvensional lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriya, Anitag94218157@uinsby.ac.idG94218157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangasharilintang@gmail.com2008119401
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keuangan
Keywords: Du Pont System; Economic Value Added (EVA); kinerja keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anita Fitriya
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:15
Last Modified: 20 Sep 2022 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55711

Actions (login required)

View Item View Item