Pengaruh metode pembayaran ShopeePay dan SPayLater terhadap perilaku konsumtif: survei pada pengguna aplikasi Shopee di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Cindy Ananda (2022) Pengaruh metode pembayaran ShopeePay dan SPayLater terhadap perilaku konsumtif: survei pada pengguna aplikasi Shopee di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Ananda Putri _ G94218161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah dengan SPSS versi 25. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji T, dan determinasi koefisien. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembayaran ShopeePay dan SpayLater terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee di Surabaya. Alasannya adalah karena suka membeli produk yang sedang diskon, suka membeli produk yang dapat membuat dirinya terlihat keren, dan suka membeli barang yang sedang trend agar tidak merasa gengsi. Hal tersebut termasuk dalam pembelian yang tidak rasional atau tanpa memikirkan nilai guna dari produk yang dibelinya. Pembelian tersebut juga didukung karena adanya kemudahan yang dimiliki oleh metode pembayaran ShopeePay dan SPayLater. Saran bagi pengguna ShopeePay dan SPayLater untuk bisa bersikap lebih bijak dan mempertimbangkan secara matang mengenai fungsi/kegunaan dari barang yang akan dibelinya. Hendaknya membeli barang yang memang dibutuhkan agar terhindar dari sikap boros yang dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Sedangkan saran untuk peneliti berikutnya adalah supaya bisa lebih memperluas variabel independent dengan cara memisahkan metode pembayaran ShopeePay dan SPayLater menjadi 2 variabel independen, yakni variabel independent ShopeePay, dan variabel independent SPayLater. Agar penelitian ini bisa lebih kompleks dan dapat dikaji lebih mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Cindy Anandacindyananda1209@gmail.comG94218161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Ekonomi Islam
Perilaku
Konsumen
Keywords: ShopeePay; SPayLater; Perilaku Konsumtif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cindy Ananda Putri
Date Deposited: 10 Apr 2023 12:43
Last Modified: 10 Apr 2023 12:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55713

Actions (login required)

View Item View Item