Islam dan Kebudayaan Lokal dalam Kesenian Sandur di Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawawi, Silmi Aufi (2022) Islam dan Kebudayaan Lokal dalam Kesenian Sandur di Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silmi Aufi Nawawi_A72218076.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini ialah hasil akhir dari penelitian lapangan yang berjudul “Islam dan Kebudayaan Lokal Dalam Kesenian Sandur di Tuban”. Dalam skripsi ini terdapat tiga permasalahan yang diteliti yaitu: 1. Bagaimana Profil Wilayah Semanding di Kabupaten Tuban? 2. Bagaimana Prosesi Kegiatan Kesenian Sandur Ronggo Budoyo di Kabupaten Tuban? 3. Bagaimana Hubungan Islam dan Kebudayaan Lokal Dalam Kesenian Sandur Ronggo Budoyo di Kabupaten Tuban.? Penelitian ini memakai metode penelitian etnografi, lalu untuk memperoleh data dilakukan melalui teknik observasi, Wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Sehingga objek dapat dikaji secara luas serta dipaparkan secara rinci dan runtut. Dalam penelitian ini menggunakan teori Pentration Pacifique, yang mana teori ini berfokus pada proses penyampaian Budaya dengan cara damai. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan Adaptasi Kultural. Diharapkan dalam penggunaan teori dan pendekatan ini bisa memudahkan peneliti dalam mengkaji mengenai Islam dan Kebudayaan lokal dalam Kesenian Sandur. Berdasarkan pada hasil penelitian yang ada di lapangan adalah berikut: pertama, Desa Semanding terletak pada daerah bagian pegunungan kapur Kabupaten Tuban. Kedua, prosesi kesenian sandur dibagi menjadi dua yaitu pra pertunjukkan dan waktu pementasan berlangsung. Ketiga, budaya local dan Islam mampu bersatu dalam Kesenian Sandur ini. Meskipun keduanya bertolak belakang, tetapi seiring waktu budaya lama dalam Sandur bisa menerima kehadiran budaya baru yaitu Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawawi, Silmi Aufisilmiaufi@gmail.comA72218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Kesenian
Keywords: Sandur; Islam; Kebudayaan Lokal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Silmi Nawawi
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:01
Last Modified: 26 Jul 2023 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55718

Actions (login required)

View Item View Item