analisis kemampuan pemahaman konsep matematika Siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates-Galenus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Milani, Nur Widiya (2022) analisis kemampuan pemahaman konsep matematika Siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates-Galenus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Widiya Milani_D74215061 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah suatu kecakapan atau kesanggupan yang dimiliki oleh seorang siswa dalam mengartikan sebuah konsep matematika dengan bahasanya sendiri sehingga dapat mengaplikasikannya ke dalam penyelesaian soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal HOTS bagi siswa dengan tipe kepribadian koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguinis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan 4 orang subjek dari siswa kelas VII-A di MTs Budi Dharma Surabaya semester gasal tahun ajaran 2021/2022, terdiri dari masing-masing 1 siswa tipe kepribadian koleris, melankolis, plegmatis, dan sanguinis. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis berbasis wawancara, dimana data dari hasil tes tulis siswa dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika, sedangkan data hasil wawancara siswa dianalisis dengan cara mereduksi data, visualisasi data (display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa tipe kepribadian koleris memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik karena berhasil memenuhi 7 indikator pemahaman konsep matematika pada soal 1 dan 3, dan mampu memenuhi 3 indikator pada soal 2. (2) Siswa tipe kepribadian melankolis masih kurang baik dalam memahami konsep matematika karena hanya memenuhi 7 indikator pemahaman konsep matematika hanya pada soal 1, sedangkan pada soal 2 dan 3 hanya memenuhi 2 indikator saja. (3) Siswa tipe kepribadian plegmatis memiliki pemahaman konsep yang cukup baik karena telah memenuhi 7 indikator pemahaman konsep matematika pada soal 1 dan memenuhi 5 indikator pada soal 2 dan 3. (4) Siswa tipe kepribadian sanguinis memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik karena telah memenuhi 7 indikator pemahaman konsep matematika pada soal 1 dan 2, kemudian juga mampu memenuhi 6 indikator pada soal 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Milani, Nur WidiyaWidyaurora76@gmail.comD74215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika; Soal HOTS; Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Widiya Milani
Date Deposited: 25 Jul 2023 14:57
Last Modified: 25 Jul 2023 14:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55719

Actions (login required)

View Item View Item